Bercak-Bercak Darah Di Lapisan Kulit Bagian Luar

Henokh Schonlein Purpura merupakan peradangan yang melibatkan pembengkakan pembuluh darah. Ini melibatkan radang pembuluh darah dari usus, kulit dan ginjal. Ini ini ditandai adanya ruam dan memar di kulit yang berwaran merah, biasanya terjadi pada kaki dan pantat. Pembulu darah halus pada sendi, usus dan kulit menjadi bengkak ketika penyakit ini terjadi. Hal ini menyebabkan rasa sakit pada sendi dan sakit perut dan dalam banyak kasus penyakit ini menyebabkan masalah ginjal.

Gangguan ini sebagian besar dialami pada anak-anak dan remaja dan jarang terjadi pada orang dewasa dan orang tua. Terkadang gangguan ini tidak memerlukan pengobatan khusus karena dapat hilang dengan sendirinya namun obat akan diberikan jika ada permasalahan pada ginjal. HSP diteliti mempengaruhi anak-anak selama 4-6 minggu yang akan hilang pada waktunya.

Penyebab:

Henokh Schonlein Purpura disebabkan oleh gangguan autoimun  pada sistem kekebalan tubuh yang akan menyerang pembuluh darah yang sehat. Sistem kekebalan tubuh akan mulai menyerang pembuluh darah karena infeksi dalam banyak kasus. Sering kali, gangguan HSP terjadi setelah infeksi seperti infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA) atau infeksi lain.

Orang-orang yang memiliki bibit penyakit kolera, tipus, campak atau demam kuning bisa terserang penyakit ini.

Infeksi virus dan bakteri dapat memicu gangguan ini pada anak-anak. Hal terjadi setelah gigitan serangga atau pengunaan bahan kimia tertentu.

Gejala:

Beberapa tanda-tanda Henokh Schonlein Purpura adalah nyeri sendi, radang sendi, ruam, sakit perut dan infeksi ginjal atau penyakit ginjal. Awalnya hanya demam dan nyeri sendi, namun secara bertahap hal itu mempengaruhi ginjal dan sendi lain yang menyebabkan pembengkakan.

Arthritis atau radang sendi ini disebabkan karena terjadi pembengkakan sendi, ini umum terjadi ketika penderita mengalami Henokh Schonlein Purpura. Serta penderita juga dapat mengalami muntah, mual dan diare.

Diagnosa:

Tidak ada prosedur pengujian laboratorium yang dapat mengetahui Honoch Schonlein Purpura. Dokter hanya mengandalkan gejala dari penyakit ini. Dokter mungkin mengambil sampel darah profil, analisa urin, biopsi kulit (contoh jaringan kulit diambil untuk pengujian) dan ginjal biopsi tes untuk menegaskan jenis penyakit yang dialami pasien.

Pengobatan:

Obat penghilang rasa sakit dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan iritasi kulit. NSAID seperti ibuprofen dan naproxen sangat berguna dalam mengobati nyeri sendi. Ruam akan hilang setelah beberapa minggu dan tidak ada perawatan diperlukan.

Anak-anak dengan gangguan Henokh Schonlein Purpura harus dirawat di rumah sakit jika mereka telah dehidrasi atau menderita perdarahan gastrointestinal. Anak kecil tidak bisa mentolerir nyeri sendi dan sakit perut yang terjadi dalam penyakit ini.