Batuk Berdahak Disertai Darah Dalam Lendir

Batuk berkepanjangan dapat menyebabkan darah dalam lendir atau batuk berdarah.

Hal ini tidak berbahaya ketika darah yang keluar bersamaan dengan lendir hanya sedikit, karena masalah ini terjadi ketika kita mengalami kedinginan dalam waktu yang cukup lama. Batuk berdarah dapat terjadi ketika ada infeksi di mulut atau tenggorokan atau selama mimisan.

Akan tetapi tidak seharusnya masalah ini diabaikan jika batuk berdarah terjadi disertai nyeri dada, demam atau sesak napas. Dalam istilah medis batuk berdarah disertai darah dalam lendir dikenal sebagai hemoptisis.

Anda harus memeriksa kondisi Anda di Dokter jika ada darah dalam urin atau tinja bersama dengan darah di lendir. Ini bisa menjadi tanda penyakit serius yang memerlukan pemeriksaan dan pengobatan.

Penyebab:

Batuk yang parah dapat menyebabkan keluarnya darah dengan lendir. Bronkitis atau jenis lain dari infeksi dada dapat mengeluarkan sedikit darah. Setiap infeksi pada paru-paru menghasilkan dahak disertai darah. Ini merupakan penyebab utama batuk berdahak disertai darah dalam lendir.

Hal ini juga dapat disebabkan karena adanya bekuan darah di paru-paru disertai dengan sesak napas. Embolism paru dan edema paru dapat menumpuk cairan di sekitar paru-paru yang akan dikeluarkan bersama dengan darah saat batuk.

Dalam kasus yang jarang terjadi dapat disebabkan oleh kanker paru-paru atau TBC atau kanker tenggorokan. Hal ini jarang terjadi untuk orang-orang yang tidak merokok.

Diagnosa:

Dokter akan mencari gejala dan mengumpulkan riwayat medis secara detail sebelum mengambil keputusan lebih lanjut. Dokter akan memeriksa tekanan batuk dan jumlah darah yang dikeluarkan bersamaan dengan lendir untuk mengetahui kemungkinan sumber yang menyebabkan perdarahan.

Dokter akan meminta untuk melakukan test X-ray, CT scan, tes darah dan analisis dahak lainnya untuk mengetahui diagnosis batuk berdarah yang tepat.

Pengobatan:

Metode pengobatan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Jika karena batuk berkepanjangan maka Anda dapat mengkomsumsi obat batuk untuk mengurangi iritasi tenggorokan dan membuat Anda bernapas lega.

Anda harus mencatat berapa banyak darah yang keluar bersamaan lendir dan berapa kali Anda batuk darah. Dokter akan mempertimbangkan usia, kondisi kesehatan, dan penyakit yang mendasari sebelum memulai pengobatan.

Dalam hal sesak napas bersama dengan darah di lendir, oksigen tambahan diberikan terlebih dahulu. Ventilator mekanis digunakan untuk menyediakan oksigen yang cukup ke paru-paru untuk mencegah kegagalan pernapasan.

Jika karena penyakit paru-paru atau merokok, pengobatan diberikan untuk menghilangkan infeksi paru-paru seperti bengkak atau emboli paru. Operasi kanker paru-paru merupakan pilihan terbaik untuk menghilangkan bagian infeksi dari paru-paru yang terkena atau kemoterapi dilakukan.

Jika darah dalam lendir disebabkan oleh infeksi virus maka pasien hanya dianjurkan minum air yang lebih setiap hari disertai mengkonsumsi antibiotik untuk menghilangkan infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

Rawat inap dilakukan jika kondisi pasien parah seperti gangguan perdarahan atau masalah pernapasan yang parah. Angiography dilakukan untuk mencari titik perdarahan yang tepat dan daerah atau arteri yang terkena embolized.