Dengung Di Telinga


Dengung Di TelingaTinnitus adalah istilah medis yang merujuk kepada telinga yang bergema atau dengung di telinga. Telinga berdengung akan dirasakan beberapa menit bersamaan ketika jantung berdetak. Bunyi yang terdengar akan menjadi gangguan secara terus-menerus tetapi akan hilang dengan sendirinya. Dengung di telinga umum terjadi pada mereka yang berusia 45 tahun keatas. Dengan pengobatan yang tepat hal ini akan menyembuhkan dengung di telinga anda.

Gejala:

Menderu atau dengung di teliga merupakan gejala tinnitus. Tinnitus akan datang secara tiba-tiba dan akan hilang setelah beberapa menit. Beberapa orang mengatakan bahwa mereka mendengar suara mendesis dan mendapatkan intensitas kebisingan yang bervariasi dalam frekuensi dan pitch. Bunyi ini akan terdengar disatu sisi atau kedua telinga. Bagi sebagian orang suara akan terdengar keras yang dapat mengganggu pendengaran dan tidak berkonsentrasi.

Penyebab:

Salah satu penyebab utama dengung di telinga adalah karena faktor usia. Hal ini juga dapat disebabkan oleh gangguan saraf pada otak yang mengirimkan sinyal saraf ke telinga. Dan juga disebabkan oleh kelebihan kotoran telinga, asupan obat (aspirin, diuretik, obat-obatan kanker, antidepresan) minum minuman beralkohol, infeksi yang terjadi telinga dan sakit gigi.

Jika Anda perna mengalami cedera di telinga kemungkinan besar Anda akan merasaka gangguan ini. Apalagi ketika Anda mendengarkan tekanan bunyi secara tiba-tiba.

Jika Anda penggunaan MP3 atau iPod sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan media tersebut karena hal ini akan meningkatkan resiko terkena masalah dengung di telinga.

Masalah saraf seperti neuroma akustik, labyrinthitis dan penyakit tiroid dapat memicu gangguan mendadak pada telinga. Jika rambut-rambut tipis di dalam telinga yang berfungsi untuk transmisi sinyal saraf dari otak bermasalah maka akan menyebabkan tinnitus ini muncul.

Penyakit Meniere, gangguan sendi pada rahang dan cedera kepala dapat memicu suara yang tidak normal di telinga.

Yang beresiko?

Orang-orang yang bekerja dalam suasana yang bising seperti lokasi pabrik rentan untuk mengalami dengung pada telinga.

Diagnosa:

Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan menggunakan earphone untuk mendeteksi kepekaan pendengaran pada penderita. Dokter akan meminta Anda untuk gerakan mata untuk mengidentifikasi masalah yang mendasar.

Pengobatan:

Cara pengobatan dengung di telinga tergantung pada masalah mendasar dan karenanya dokter akan mengidentifikasi penyebab pasti yang bertanggung jawab dalam masalah ini.

Dalam kasus jika karena kelebihan kotoran telinga dokter akan menghilangkan kotoran tersebut. Jika karena kondisi pembuluh darah yang mendasari, dokter akan melakukan pembedahan untuk mengobati masalah ini.

Obat tidak diberikan untuk mengobati tinnitus tetapi dalam kasus yang khusus dokter akan memberikan antidepresan untuk pengobatan.

Kategori Info Penyakit :: Kata Kunci: , , , , , , , telinga bergema, gangguan suara mendesis di telinga2 Komentar

  • http://wap arie

    halusinasi suara kuping sperti orng berbicara

  • http://wap arie

    akibat trapi pijet jari kuku getar listrik+meminum jamu pel hitam /sy menderita halusinasi suara kuping sperti orng berbicara