Penyakit Menular


Penyakit MenularPenyakit menular menyebar dari satu orang ke orang lain atau dari hewan ke orang. Penyebaran sering terjadi melalui udara, tetapi terkadang juga melalui darah atau cairan tubuh lainnya. Istilah Infeksi Menular juga digunakan untuk sebutan penyakit menular.

Ada lima jenis penyakit menular yang paling serius di tingkat global yaitu, HIV / AIDS, Malaria, Tuberkulosis, Polio dan Influensa.

Penyakit HIV / AIDS:

Human Immunodeficiency Virus (HIV) dapat menghancurkan atau merusak sistem kekebalan tubuh orang yang terinfeksi. Jika sistem kekebalan tubuh melemah maka seseorang dapat lebih beresiko terkena infeksi. Sebagai kondisi berlangsung, sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan seseorang menjadi lebih beresiko acquired immunodeficiency syndrome (AIDS), tahap lebih maju dari HIV. Karena kemajuan dalam dunia medis obat antiretroviral ditemukan dan banyak digunakan. Obat antiretroviral dapat membantu penderita HIV hidup selama 15 tahun atau lebih sebelum gejala AIDS muncul.

Pada tahun 2009, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa 33Juta orang terinfeksi HIV, sebagian besar kasus ini terjadi di Afrika sebesar 22juta kasus.

Penyakit Malaria:

Malaria adalah penyakit parasit dengan penularanya melalui nyamuk. Hal ini lazim terutama di Afrika dan Asia Tenggara.

Menurut The World Malaria Report 2005 UNICEF:

- 300-500000000 kasus malaria setiap tahun
- Satu juta kematian akibat malaria setiap tahunnya
- 90 persen kejadian ditemukan pada anak di bawah usia lima tahun di Afrika sub-Sahara
- Afrika mengeluarkan biaya mengatasi Malaria sebesar USD 12 miliar per tahun

Karena malaria keadaan darurat global yang mempengaruhi sebagian besar perempuan miskin dan anak-anak, malaria melanggengkan lingkaran setan kemiskinan di negara berkembang seperti Indonesia.

Penyakit Tuberkulosis:

Tuberkulosis, juga dikenal sebagai TB, adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menyebar melalui udara dari satu orang ke orang lain. Umumnya, hal ini menyerang paru-paru, tetapi juga bagian lain dari tubuh. Diperkirakan bahwa sepertiga dari populasi dunia terinfeksi TB, tetapi dapat laten (tidak kelihatan tetapi mempunyai potensi untuk muncul), yang berarti tidak semua orang mengembangkan penyakit aktif. Orang dengan TB laten tidak menyebarkan penyakit kecuali aktif dalam tubuh. Dari seluruh kasus TB di dunia, 85 persen terjadi di 22 negara. Dari jumlah tersebut 22 negara, 9 berada di Afrika sub-Sahara dan lebih dari 1,5 juta kasus TB terjadi di Afrika setiap tahun. Di Afrika TB dan HIV merupakan salah satu penyebab utama morbiditas dan mortalitas di Afrika.

Penyakit Polio:

Polio kependekan dari Poliomyelitis, adalah penyakit menular. Hal ini disebabkan oleh virus yang menyerang sistem saraf. Kurang dari 1 persen dari kasus polio sampai ke tahap kelumpuhan, yang berakibat fatal saat mencapai otot manusia. Namun, kurang dari 10 persen kasus polio yang mencapai kelumpuhan pada kematian. Polio adalah penyakit yang mengerikan karena cenderung menginfeksi balita, menyebabkan kondisi lumpuh seumur hidup. Tidak ada obat untuk polio, tetapi ada dua vaksin, yang merupakan strategi untuk memberantas penyakit ini difokuskan pada pencegahan.

Influenza:

Influenza musiman (flu) adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza . Hal ini dapat menyebabkan kondisi ringan sampai penyakit berat, dan kadang-kadang dapat menyebabkan kematian. Beberapa orang, seperti orang tua, anak-anak, dan orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu, berada pada risiko komplikasi flu yang serius. Cara terbaik untuk mencegah flu adalah dengan mendapatkan vaksinasi setiap tahun.

Ada 3 Penyakit Influenza Yang Sangat Berbahaya yaitu: Flu Burung (Avian Influenza), Flu Babi (Swine Influenza) dan Flu Pandemics.

Kategori Info Penyakit :: Kata Kunci: , , , , , , , , , , , , , , , rantai penularan penyakit, singkatan diagnosa medis0 Komentar