Penyakit Thrombophlebitis

Penyakit ThrombophlebitisSistem vaskular berisi beberapa arteri dan vena yang memainkan peran penting dalam mengangkut darah dari jantung ke organ lain dan sebaliknya. Trombosis adalah istilah yang diberikan untuk bekuan darah di pembuluh darah dan thrombophlebitis adalah istilah yang diberikan untuk pembengkakan pembuluh darah yang disebabkan oleh gumpalan darah. Hal ini terjadi hanya separuh seperti DVT yang mempengaruhi pembuluh darah dalam.

Perbedaan antara thrombophlebitiss dan deep vein thrombosis (DVT):

Deep vein thrombosis adalah kondisi dimana pembuluh darah dalam akan meradang. Akan ada darah beku pada vena dalam dan menyebabkan Anda berada di tempat tidur dalam jangka panjang. Beberapa jenis infeksi, kanker dan operasi dapat membatasi gerakan Anda dalam jangka panjang. Deep vein thrombosis memengaruhi pembuluh darah dalam membentuk darah beku dan kadang-kadang perjalanan ke dalam aliran darah terjadi pembekuan yang dapat mempertaruhkan hidup Anda. Proses ini disebut emboli dan dapat memengaruhi setiap organ. Di sisi lain, thrombophlebitis hanya memengaruhi vena superfisial menyebabkan peradangan dan pembekuan darah.

Tromboflebitis sering memengaruhi pembuluh darah di lengan dan kaki yang menyebabkan peradangan dan nyeri. Hal ini kurang berbahaya dan dapat disembuhkan dengan obat-obatan sederhana.

Gejala:

Rasa pedis dan nyeri di daerah lengan atau kaki. Rasa sakit ringan sampai sedang dialami di  kaki. Tanda-tanda lain dari penyakit ini antara lain pembengkakan dan kemerahan. Anda dapat mengamati kulit berubah merah dan tampak bengkak. Rasa sakit menjadi lebih intens ketika Anda berjalan atau memindahkan kaki. Beberapa orang mungkin demam ringan.

Banyak orang tidak akan memiliki gejala sama sekali, kecuali pembengkakan daerah yang terkena.

Penyebab:

Thrombophlebitis disebabkan oleh gumpalan darah. Pembekuan darah pada vena dapat terjadi karena cedera atau masalah yang terkait dengan darah.

Untuk beberapa orang yang duduk di posisi yang sama selama berjam-jam dapat menyebabkan pembekuan darah. Harus ada gerakan kaki dan tangan ketika Anda melakukan perjalanan selama berjam-jam. Anda dapat mengurangi risiko terkena Thrombophlebitis dengan meregangkan kaki dan tangan Anda untuk sementara waktu ketika bepergian.

Yang beresiko?

Orang yang terbaring di tempat tidur untuk jangka panjang, yang tidak aktif selama berminggu-minggu, memiliki penyakit kanker atau penyakit menular lainnya yang serius atau mereka yang mengalami kelumpuhan parsial lengan atau kaki.

Wanita hamil memiliki tingkat tinggi tekanan pada daerah panggul dan pada vena kaki karena berat badannya bertambah. Orang gemuk dan laki-laki tua dan perempuan juga memiliki kesempatan terkena penyakit ini.

Komplikasi dapat terjadi hanya ketika darah membeku pada vena dalam. Dalam hal ada kesempatan untuk bekuan putus dari pembuluh darah dan mengalir ke paru-paru menyebabkan emboli paru dan bahkan serangan jantung.

Bagi sebagian orang hal itu dapat memengaruhi pembuluh darah dari jantung dan menyebabkan pembengkakan perubahan warna kulit kaki.

Diagnosa:

Dokter akan mencari gejala dan memeriksa secara fisik pembuluh darah di kaki. Dokter mungkin melakukan USG scan atau CT / MRI untuk mendeteksi posisi bekuan darah.

Pengobatan:

Untuk masalah penyakit tromboflebitis yang ringan, Anda dapat mengkomsumsi obat sendiri seperti menjaga kaki dalam posisi tinggi dan menggunakan krim topikal untuk mengurangi peradangan. Untuk nyeri sedang obat non-steroid NSAID sebaiknya diberikan. Anda bisa memakai stoking untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada kaki.

Dalam kasus deep vein thrombosis (DVT) dokter mungkin memberikan suntikan pengencer darah seperti heparin untuk mencegah pembekuan darah agar tidak bertambah parah. Anda harus mengikuti petunjuk dokter jika Anda telah mengalami trombosis.

Obat seperti alteplase diberikan untuk melarutkan bekuan darah dalam dan proses ini dikenal sebagai trombolisis. Ini diberikan hanya untuk deep vein thrombosis yang mempengaruhi paru-paru menyebabkan emboli.

Filter dimasukkan ke pembuluh darah perut Anda yang akan mencegah penggumpalan darah untuk pengobatan. Filter/saringan secara permanen berada di perut untuk memantau pembekuan darah dan mencegah penyakit thrombosis.

Pembedahan dilakukan untuk menghilangkan varises. Dokter bedah akan membuat sayatan kecil di kaki yang terkena dan menghilangkan vena. Prosedur ini disebut varicose vein stripping.

Angioplasty dilakukan untuk menghilangkan bekuan darah untuk melewati pembuluh darah yang mengandung bekuan darah.

Pengobatan di Rumah:

Jaga kaki Anda di atas bantal atau dalam posisi tinggi untuk memperlancar aliran darah. Gunakan pakaian hangat pada daerah untuk mengurangi peradangan. Mengkomsumsil obat-obatan seperti ibuprofen atau motrin untuk mengendalikan pembengkakan kaki dan nyeri.

kaki dan tangan biasakan selalu aktif dengan melakukan latihan peregangan. Anda dapat berjalan-jalan di halaman rumah untuk melakukan peregangan.

Tags: #cara mengurangi peradangan kaki #Diagnosa thrombophlebitis #emboli #gejala thrombophlebitis #komplikasi penyakit #mencegah penyakit thrombosis #Obat alteplase memperlancar darah #Pengobatan penyakit tromboflebitis #penyebab emboli paru #Penyebab pembekuan darah pada vena #penyebab thrombophlebitis #peradangan pada kaki #Perbedaan thrombophlebitiss dan deep vein thrombosis

Penularan dan Pencegahan Penyakit Cacing
Penularan dan Pencegahan Penyakit Cacing
Penularan Infeksi cacing umumnya terjadi melalui mulut,
Infeksi Penyakit Cacing
Infeksi Penyakit Cacing
Penyakit cacing Infeksi cacing merupakan salah satu
Diagnosa dan Pencegahan Amebiasis
Diagnosa dan Pencegahan Amebiasis
Diagnosa Diagnosa amebiasis dilakukan melalui pemeriksaan mikroskopis
Gejala Penyakit Amebiasis
Gejala Penyakit Amebiasis
Gejalanya Masa inkubasi penyakit ini berkisar antara
Must read×

Top