Mengenal Penyakit Gigi Dan Gusi

Anda sebaiknya selalu berkonsultasi dengan dokter gigi Anda bila Anda yakin memiliki masalah terhadap gigi dan gusi Anda.

Penyebab:

Masalah gusi disebabkan oleh plak atau biasa disebut dengan karang gigi, lapisan yang terdiri dari bakteri yang terus- menerus terbentuk pada permukaan gigi.

Bila dibiarkan, plak akan menumpuk pada permukaan gigi dan diantara gigi-geligi, mengiritasi gusi dan membuat gusi menjadi bengkak.

Bila terjadi pembengkakan pada gusi, hal ini akan memicu pembentukan rongga atau ‘poket’ di bagian bawah gigi. Jumlah bakteri pada plak meningkat sejalan dengan meningkatnya kedalaman poket. Hal ini dapat menyebabkan gusi menjadi turun (resesi), sehingga mengekspos lebih banyak permukaan gigi.

Bila dibiarkan begitu saja tanpa dirawat, poket akan menjadi begitu besar sehingga gigi-geligi dapat menjadi goyang, tanggal, atau bahkan perlu dicabut.

Gejala:

Keluarnya darah saat Anda meludah sesudah menyikat gigi atau setelah menggunakan benang gigi. Gusi yang sehat seharusnya tidak berdarah.

Penurunan gusi (resesi) dimana garis gusi berada di bawah yang seharusnya dan bagian gigi yang terlihat lebih banyak dari yang seharusnya.

Saat Anda mengunjungi dokter gigi Anda, kami merekomendasikan Anda menceritakan masalah-masalah yang Anda alami mengenai gigi dan gusi Anda.

Ciri-Ciri Gusi Yang Sehat:

– Gusi sehat, berwarna merah muda
– Gigi geligi merekat erat pada gusi
– Tidak ada darah saat Anda menyikat gigi, menggunakan benang gigi, atau saat Anda makan.

Pencegahan:

Cara terbaik untuk membantu menghindari masalah gusi dan menjaga agar gusi Anda tidak mengalami penurunan (resesi) adalah dengan menjaga kebersihan mulut yang baik.

Pengobatan:

Kunjungan berkala ke dokter gigi merupakan bagian penting dari perawatan kesehatan mulut yang baik. Selalu beritahu dokter gigi Anda bila Anda merasakan sesuatu yang tidak nyaman, atau Anda mengalami gejala yang tidak biasa pada mulut Anda atau terdapat masalah lain terhadap gigi dan gusi Anda.
Scaling dan poles

Scaling dan poles adalah prosedur pembuangan karang gigi untuk mengurangi dan mencegah peradangan gusi, dan merawat gusi agar lebih sehat. Prosedur ini harus dilakukan oleh dokter gigi terlatih.