Penyakit Pruritus


Penyakit PruritusGatal-gatal disebut pruritus dalam istilah medis. Rasa gatal membuat kita jengkel karena sangat sering mengaruk-garuk. Terjadi kemerahan pada kulit, pembengkakan serta iritasi kulit. Kulit bisa menjadi sangat sakit dan terkelupas ketika kita mulia mengaruk dengan emosi. Mengaruk kulit sampai kapanpun tidak akan menyembuhkan rasa gatal ini dari iritasi tapi hanya memperburuk situasi.

Penyebab:

Banyak faktor yang menyebabkan rasa gatal. Gatal dapat disebabkan karena gigitan serangga seperti semut, infeksi atau karena alergi makanan terkadang juga karena tumbuhan yang memiliki bulu-bulu. Penyakit medis seperti cacar air juga dapat menyebabkan kemerahan pada kulit yang terasa gatal. Eksim adalah alergi kulit lain yang menyebabkan gatal. Rasa gatal juga dapat disebabkan karena ketombe, kutu dan kudis.

Masalah kronis pada ginjal juga dapat menyebabkan rasa gatal. Penyakit seperti empedu obstruktif dapat menyebabkan masalah ini.

Gatal yang normal akan sembuh sendirinya setelah beberapa hari. Tapi jika gatal berlanjut dengan gejala lain seperti demam, sesak napas, muntah atau mual maka Anda harus melakukan perawatan medis, karena bisa saja menjadi gejala serius seperti anafilaksis atau alergi lainnya.

Gatal juga terjadi karena tidak cocok terhadap pemakaian kosmetik, deterjen, perhiasan logam dan makanan.

Penyebab gatal lain terjadi karena tidak cocok terhadap obat tertentu, penyakit psoriasis serta cuaca ekstrim dingin atau panas.

Gejala:

Sebagian orang memiliki gejala lain seperti kemerahan pada kulit, panas pada kulit, bengkak, bintil-bintil merah pada kulit, kulit terkelupas dan nyeri.

Gatal dapat menyebabkan masalah medis yang serius, seperti demam, menggigil, pilek, sesak napas, kekakuan pada sendi dan berkeringat.

Pengobatan:

Pengobatan rasa gatal bisa dilakukan di rumah dengan cara merendam badan pada air hangat dan sedikit garam. Menggunakan salep topikal seperti hydrocortisone untuk mengendalikan peradangan dan antihistamin yang dapat mengurangi rasa gatal. Mengoleskan minyak zaitun dan menggunakan krim pelembab juga dapat mengurangi rasa gatal pada kulit.

Kategori Info Penyakit :: Kata Kunci: , , , , , , , , , salep hydrocortisone, yhs-002, kegunaan hydrocortisone0 Komentar