Penyakit Hipokalsemia

Hipokalsemia adalah kondisi kalsium rendah dalam darah. Dengan kata lain, kekurangan kalsium merupakan penyebab utama untuk hipokalsemia. Kalsium adalah mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang yang normal dan untuk mengirimkan sinyal saraf ke otak.

Pankreatitis, gagal ginjal, kekurangan magnesium dan masalah tiroid dapat menyebabkan penyakit ini. Ketika vitamin D rendah dari tingkat normal juga dapat menyebabkan kekurangan kalsium. Penyakit ini lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak daripada orang dewasa. Hal ini bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan normal.

Gejala:

Tidak ada gejala awal hipokalsemia tapi mungkin mulai muncul dalam bentuk berkedut, kejang dan jantung berdetak tidak teratur. Oleh karena sulit untuk mendiagnosa penyakit dalam tahap awal. Ketika gejala penyakit hipokalsemia menjadi sangat parah akan menyebabkan aritmia jantung pada anak-anak. Ada mungkin yang merasa menusuk-nusuk pada tangan dan kaki. Berkedut otot dan kesulitan makan juga tanda-tanda lain dari penyakit ini.

Pengobatan:

Setelah dokter melakukan pemeriksaan dan pengujian yang tepat, dokter akan menginfus untuk meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh. Anak harus dirawat di rumah sakit, biasanya menggunakan IV cairan jika gejala yang parah. Dalam kasus orang dewasa, Makan makanan bergizi dan seimbang yang banyak megandung kalsium dan magnesium dapat mengendalikan penyakit hipokalsemia. Makanan berKalsium banyak ditemukan pada susu, bayam, brokoli dan sawi.