Gigi Ngilu Berkepanjangan

Saat gigi terasa ngilu, maka disitulah kita kembali harus memperhatikan kesehatan gigi dan mulut kita. Pengetahuan mengenai penyebab gigi terasa ngilu ini bisa menjadi satu sinyal bahwa Anda sudah sedikit terlambat untuk berkonsultasi ke dokter gigi secara teratur terkait dengan masalah gigi dan mulut Anda. Pemeriksaan rutin ini tentu harus dilakukan meskipun dalam keadaan sedang tidak sakit.

Gigi terasa ngilu ditemukan bermacam-macam penyebabnya diantaranya karena gigi berlubang, kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut, masalah gusi, mulut kering dan produksi air liur yang menurun, kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi makanan dan masih banyak lagi yang lain. Penyebab sakit ngilu gigi seperti ini jelas harus diketahui masyarakat untuk meningkatkan kepedulian mereka mengenai kesehatan gigi dan mulutnya.

Selain dari yang kami sebutkan, salah satu penyebab gigi ngilu yang berkempanjangan karena cara Anda menggosok permukaan gigi bagian depan selama ini, apakah sikatnya diarahkan ke kanan-kiri dengan tekanan yang cukup keras. Gerakan seperti ini, bila dilakukan selama bertahun-tahun, lebih besar potensinya untuk mengakibatkan ausnya gigi, terutama di daerah leher gigi yang lapisan emailnya tipis.

Selain itu, perlekatan gusi ke gigi juga bisa rusak akibat gerakan sikat gigi yang salah, sehingga permukaan akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terbuka. Daerah ini lebih sensitif karena tidak ada lapisan emailnya. Kemungkinan besar, yang Anda alami adalah gigi hipersensitif.

Bila Anda memiliki riwayat kebiasaan mengerat gigi di malam hari (bruxism), gigi Anda juga dapat menjadi aus sehingga lapisan email terkikis dan lapisan dentin dibawahnya menjadi terekspos dan lebih sensitif terhadap rangsang suhu dan asam.

Semua yang kami kemukakan di atas hanya berdasarkan asumsi sebab untuk menegakkan diagnosa yang pasti dan rencana perawatan, dokter gigi tetap harus memeriksa Anda secara langsung dan menanyakan riwayat penyakit dan kebiasaan Anda secara lengkap sehingga dapat diketahui etiologi/penyebab dari masalah Anda.

Jika hanya mengkonsumsi obat-obatan hasilnya hanya akan meredakan gejalanya sementara, setelah khasiat obat hilang, gigi akan ngilu kembali. Oleh karena itu Kami sarankan Anda segera konsultasi langsung ke dokter gigi.