Penyebab Testis Bergetar

Adanya rasa bergetar pada bagian tubuh, merupakan hal yang biasa dialami dalam keadaan spontan. Namun bagaimana dengan testis yang bergetar? Pernahkah Anda mengalaminya? Getaran ini terjadi pada testis dan tidak memberikan rasa apa-apa. Memang suatu fenomena yang pelik. Namun yang pasti jika Anda mengalami hal ini pastinya bukanlah hal biasa sebab ada sesuatu yang mendasari sehingga terjadi.

Sebagian besar pria yang mengalami testis yang bergetar sangat berkaitan dengan pakaian dalam yang dikenakan terlalu ketat sehingga mengakibatkan zakar menggeletar seketika atau mungkin disebabkan tekanan, maka getaran itu dapat dirasa.

Jika testis bergetar setelah Anda melakukan hubungan suami istri, hal itu bisa saja namun bila bergetar pada waktu yang tidak tertentu maka sebaiknya Anda periksaakan. Getaran otot yang tidak menentu saat membesar, keadaan itu dikenali sebagai cengkaman otot atau ‘cramps’. Jika sekumpulan kecil otot mencengkam, keadaan yang berlaku ialah otot itu menggetar, istilah yang digunakan ialah ‘fasciculations’ misalnya seperti tarikan kelopak mata.

Selain itu, mungkin saja Anda mengalami keluhan lain seperti benjolan di daerah skrotum? Adakah rasa nyeri? Kami menganjurkan sebaiknya Anda untuk memeriksakan kondisi Anda ke dokter spesialis Urologi atau Spesialis Andrologi guna pemeriksaan alat kelamin Anda.

Testis yang terasa bergetar memiliki berbagai penyebab, apakah karena pengaruh saraf atau ada gangguan struktural pada organ penis yang menyebabkan sensasi bergetar. Oleh karena itu untuk mendapatkan diagnosis yang pasti, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dengan dokter terkait agar kekhawatiran Anda terjawab.