Jantung Berdetak Terdengar Di Telinga

Mengalami masalah pendengaran merupakan salah satu gangguan kesehatan yang umumnya disebabkan oleh faktor usia atau karena sering terpapar suara yang nyaring/keras. Pendengaran bisa dikatakan terganggu jika sinyal suara gagal mencapai otak.

Seseorang berkonsultasi pada dokter bahwa Ia mengalami masalah pendengaran akhir-akhir ini Ia  mendengar adanya degup jantung ditelinga. Awalnya Ia mendengar suara seperti degup jantung saat berbaring namun lama kelamaan baik berbaring maupun duduk atau berdiri detak jantung terdengar keras di telinga.

Sang dokter pun menjawab bahwa Ia mendengar adanya detak atau bunyi degup jantung, kemungkinan adanya pembesaran pembuluh darah di sekitar area gendang telinga. Bisa jadi terjadi pelebaran setempat, karena pengaruh peradangan atau infeksi atau obat-obatan atau zat aktif kimia lainnya.

Hal lain, bisa juga terjadi kelemahan dinding pembuluh darah atau bisa juga adanya massa atau tumor yang tumbuh. Namun ini semua belum pasti dan harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Saran sang dokter sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis THT atau ke dokter neurologi bagian neurovaskular.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih