Penyakit dan Kondisi Kista Ovarium Pada Wanita

Kista ovarium adalah dua kata yang memiliki arti kista merupakan sebuah rongga berdinding yang berisikan cairan, Sedangkan kata ovarium adalah dua indung telur masing-masing memiliki ukuran yang sama dan berbentuk almond terletak di setiap sisi rahim wanita. Jadi kista ovarium dapat diartikan sebagai akumulasi cairan di dalam ovarium yang dikelilingi oleh dinding yang tipis.

Banyak wanita yang mendapatan masalah kista ovarium sehingga hal itu membuat tidak nyaman namun tidak berbahaya karena kebanyakan wanita yang menderita kista ovarium akan menghilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan. Walaupun demikian janganlah dianggap remeh karena ketika kista ovarium ini pecah maka akan menimbulkan masalah yang lebih serius. Cara terbaik untuk melindungi kesehatan Anda adalah melakukan pemeriksaan agar Anda terhindar dari masalah yang lebih signifikan.

Kebanyakan kista tidak menimbulkan gejala apapun dan akan hilang dengan sendirinya namun kista ovarium yang besar dapat menyebabkan ketidaknyamanan di perut Anda. Jika kista besar menekan pada kandung kemih Anda, Anda mungkin merasa perlu untuk buang air kecil lebih sering karena kapasitas kandung kemih Anda berkurang.

Tanda-tanda dan gejala kista ovarium

  • Nyeri panggul – rasa nyeri yang dapat menyebar ke punggung bawah dan paha.
  • Nyeri panggul tidak lama sebelum periode Anda dimulai atau hanya sebelum berakhir.
  • Nyeri panggul saat berhubungan intim (dispareunia).
  • Nyeri saat buang air besar.
  • Mual, muntah atau nyeri pada payudara seperti yang dialami selama kehamilan.
  • Terasa berat pada bagian perut Anda.
  • Tekanan pada kandung kemih Anda yang menyebabkan Anda sering buang air kecil.

Sebaiknya Anda periksaakan kedokter medis jika tiba-tiba terjadi sakit perut atau panggul Anda dan nyeri yang disertai demam atau muntah. Badan Anda seperti terasa dingin, kulit lembab dan dingin, napas menjadi cepat hal semacam ini menunjukkan keadaan darurat yang artinya bahwa Anda perlu untuk segera kedokter.

Perlu Anda ketahui juga jika kista ovarium memiliki ada dua jenis utama. Kista ovarium dan penyebab kista akan berbeda sesuai dengan jenisnya itu, jenis kista yang dimaksud adalah:

Kista ovarium fungsional merupakan kista yang paling sering terjadi dan tidak berbahaya karena merupakan bagian normal dari siklus menstruasi.

Kista patologis merupakan kista abnormal (penyakit) yang tumbuh di ovarium; ini juga ada dua jenis yaitu yang tidak berbahaya (jinak) dan yang ganas (kanker).

Untuk mengetahui lebih jelasanya tentang kista ovarium fungsional dan kista patologis, akan kami bahas pada artikel berikutnya.