Penyakit dan Kondisi Pasien Endokarditis

Apakah Anda merasa mengidap penyakit endokarditis? Jika ia, seharusnya Anda melakukan perawatan yang insentif karena penyakit ini tergolong penyakit yang sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian. Endokarditis itu sendiri adalah merupakan infeksi lapisan dalam jantung (endocardium). Nama lain untuk kondisi ini adalah ‘endokarditis infektif’ atau ‘endokarditis bakteri’.

Endokarditis umumnya terjadi ketika bakteri atau kuman lain dari bagian dari tubuh Anda, seperti mulut, menyebar melalui aliran darah dan menempel pada daerah yang rusak di dalam hati Anda. Jika tidak diobati, endokarditis dapat merusak atau menghancurkan katup jantung Anda dan dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa. Pengobatan untuk endokarditis termasuk antibiotik dan dalam kasus tertentu, harus dilakukan operasi.

Tanpa perawatan medis, infeksi dapat sangat membahayakan atau bahkan menghancurkan katup jantung. Beberapa prosedur gigi dan bedah meningkatkan risiko endokarditis karena bakteri dapat memasuki ke dalam aliran darah. Endokarditis juga dikenal sebagai endokarditis infektif atau endokarditis bakteri.

Gejala endokarditis
Gejala endokarditis bakteri akut (ABE) terjadi dalam beberapa minggu infeksi. Gejala subakut endokarditis bakteri (SBE) dapat mengambil beberapa minggu atau bulan untuk berkembang. Beberapa gejala umum dari endokarditis dapat mencakup:

– Demam dan menggigil
– Kelesuan
– Kehilangan selera makan
– Sakit secara umum seluruh tubuh
– Irama jantung abnormal seperti detak jantung lambat atau takikardia (denyut jantung cepat)
– Jantung murmur
– Peningkatan pernapasan
– Batuk terus-menerus.
– Pola penyakit endokarditis

Biasanya, infeksi di tempat lain dalam tubuh menyebabkan bakteri beredar dalam darah (bakteremia). Bakteri yang menyebabkan kebanyakan kasus endokarditis milik keluarga Staphylococcus, seperti Staphylococcus aureus dan ‘Staph emas’, bentuk resistan terhadap obat dari Staphylococcus aureus.

Bakteri menginfeksi daerah yang sudah rusak atau jantung berpenyakit. Perangkat palsu (seperti katup jantung buatan) mungkin rentan terhadap infeksi karena sistem kekebalan tubuh tidak mengenali perangkat ini sebagai bagian dari tubuh dan mungkin tidak melindungi mereka dengan baik. Infeksi menyebabkan peradangan dan pembekuan darah, sedangkan proses penyembuhan alami tubuh menyebabkan jaringan parut. Endocardium atau katup jantung yang terluka rentan terhadap infeksi di masa depan.

– Komplikasi endokarditis
– Endokarditis dapat menyebabkan komplikasi termasuk:
– Mengurangi fungsi katup jantung
– Menyebarkan infeksi ke area lain dari jantung
– Menyebarkan infeksi ke area lain dari tubuh seperti otak

Penyumbatan pembuluh darah gumpalan darah dapat lepas dari endokardium, diam dalam pembuluh darah sehingga mengurangi aliran darah ke jaringan yang terkait atau organ dan menyebabkan komplikasi lebih lanjut.