Pengobatan dan Posmedikasi Cacing

Pengobatan

Banyak anthelmintika memiliki khasiat yang efektif terhadap satu atau dua jenis cacing saja. Hanya beberapa obat yang memiliki khasiat terhadap lebih banyak jenis cacing (broad spectrum), misalnya mebendazol. Oleh karena itu pengobatan harus selalu didasarkan atas diagnose jenis parasit dengan jalan penelitian mikroskopis.

Posmedikasi

Banyak anthelmintika dalam dosis terapi hanya bersifat melumpuhkan cacing, jadi tidak mematikannya. Guna mencegah jangan sampai parasit menjadi aktif lagi atau sisa-sisa cacing mati dapat menimbulkan reaksi alergi, maka harus dikeluarkan secepat mungkin.

Biasanya diberikan suatu laksans garam 2-4 jam sesudahnya. Minyak kastor tidak boleh digunakan, karena banyak anthelmintika melarut dalamnya hingga resorpsi obat dan toksisitasnya meningkat.

Pencaharan tidak diperlukan pada obat modern yang bersifat laksans seperti piperazin atau berkhasiat vermisid, mematikan cacing seperti mebendazol, niklosamida dan praziquantel. Bila terdapat anemia pasien juga harus diobati dengan sediaan yang mengandung besi.