Karsinoma Sel Basal

Karsinoma sel basal tumbuh dari lapisan sel basal epidermis atau folikel rambut. Penyakit kanker ini merupakan tipe kanker kulit yang paling sering ditemukan.

Umumnya karsinoma sel basal tumbuh di daerah tubuh yang terpajan sinar matahari dan lebih prevalen pada kawasan tempat populasi penduduk mengalami pajanan sinar matahari yang intensif serta ekstensif.

Insidensi tersebut berbanding lurus dengan usia pasien (usia rata-rata 60 tahun) serta jumlah total pajanan sinar matahari dan berbanding terbalik dengan jumlah pigmen melanin dalam kulit.

Karsinomal sel basal biassanya dimulai sebagai nodul kecil seperti malam (lilin) dengan tepi yang tergulung, translusen dan mengkilap; pembuluh darah yang mengalami telangiektasia dapat dijumpai.

Dengan tumbuhnya karsinoma sel basal akan terjadi ulserasi pada bagian tengahnya dang kadang-kadang pembentukan krusta.

Tumor paling sering muncul didaerah muka. Karsinoma sel basal ditandai olen invasi dan jaringan sel yang bersambung (saling menyatu).

Karsinoma ini jarang bermetastase tetapi frekuensi sering terjadi. Namun demikian, lesi yang diabaikan dapat menyebabkan hilangnya hidung, telinga atau bibir. Lesi lain akibat penyakit ini dapat timbul sebagai plak yang mengkilap, datar, berwarna kelabu atau kekuningan.