Jenis Veruka dan Angioma

Veruka (kutil, wart).

Veruka merupakan tumor kulit benigna yang sering ditemukan dan disebabkan oleh infeksi virus human papiloma yang tergolong ke dalam kelompok virus DNA.

Semua kelompok usia dapat terkena, kendati keadaan ini paling sering ditemukan diantara usia 12 dan 16 tahun.  Ada banyak tipe veruka.

Veruka Veneral.

Veruka yang terjadi di daerah genital dan perinal ini dikenal sebagai condyloma acuminata dan ternyata ditularkan lewat hubungan seks.

Jenis veruka ini dapat diterapi dengan larutan podifilin dalam larutan tingtura benzoin yang dioleskan pada veruka dan kemudian dibasuh. Bentuk terapi lainnya mencakup nitrogen cair, bedah beku, bedah elektro dan kuretase.

Angioma (tanda lahir).

Tanda lahir merupakan tumor vaskuler benigna yang melibatkan kulit dan jaringan subkutan. Tumor ini dapat ditemukan sebagai bercak yang datar dan berwarna merah ungu (angioma portwine) atau lesi noduler yang menonjol dan berwarna merah terang (angioma strawberi). Angioma yang disebutkan terakhir ini memiliki kecederungan untuk mengalami involusi yang spontan.

Sebaliknya, angioma portwine biasanya akan bertahan tanpa batas waktu. Sebagian pasien menggunakan kosmetika penutup (Covermark atau Dermablend) untuk menyamarkan cacat tersebut.

Sinar laser argon kini di gunakan untuk menghilangkan berbagai angioma dengan kebersihan tertentu.