Kista dan Tumor Benigna

Kista

Kista pada kulit merupakan rongga berdinding epitel yang berisikan bahan cair atau padat.

Kista epidermis (epidermoid) kerap kali dapat terjadi dan dapat dideskripsikan sebagai tumor yang menonjol.

Kenyal serta tumbuh lambat dan paling sering ditemukan didaerah wajah, leher, dada bagian atas serta punggung. Pengangkatan kista tersebut akan menghasilkan kesembuhan.

Kista pilaris (kista trichilemmal), yang mula-mula dikatakan kista sibasea, paling sering ditemukan pada kulit kepala.

Kista ini tampaknya berasal dari folikel rambut bagian tengah dan dari sel-sel selubung luar akan rambut. Terapinya adalah pengangkatan dengan pembedahan.

Tumor Benigna

Keratosis seborea. Tumor ini merupakan lesi benigna yang menyerupai veruka dengan berbagai ukuran dan warna, yang bervariasi dari warna coklat cerah hingga hitam.

Kista seboreika biasanya terdapat pada muka, bahu, dada serta punggung, dan merupakan tumor kulit yang paling sering terlihat pada orang-orang usia baya dan lansia.

Kista tersebut mungkin secara kosmetik tidak dapat ditoleransi oleh pasien, dan keratosis yang berwarna hitam dapat didiagnosis secara keliru sebagai melanoma maglina.

Terapinya adalah pengankatan jaringan tumor dengan cara eksisi, elektrokauter dan kuretase, atau dengan menggunakan karbon dioksida atau nitrogen cair.

Keratosis aktinika merupakan lesi kulit pramalignan yang tumbuh pada daerah tubuh yang terkena sinar matahari terus-menerus.

Keratosis ini tampak sebagai bercak-bercak yang kasar, bersisik dengan eritema dibaliknya. Lesi ini secara berangsur-angsur dapat berubah bentuk menjadikarsinoma sel skuamosa kulit.